Manfaat Senam Aerobik



Senam aerobik merupakan olahraga yang melatih semua otot tubuh terutama otot besar yang digerakan secara berirama, terus-menerus, maju mundur, berkelanjutan dan bervariasi. Gerakannya dibuat dengan mudah, gembira dan menyenangkan yang memungkinkan orang untuk melakukannya dengan teratur, berkelanjutan dalam waktu yang realtif cukup lama serta memerlukan energi dan oksidasi. Karena gerakannya yang menyenangkan inilah sehingga seseorang terobsesi untuk melakukan gerakan senam aerobik secara terprogram dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan adanya iringan musik dalam gerakan senam aerobik maka akan berpengaruh terhadap pengaturan waktu latihan, kecepatan dan dapat dilakukan secara masal. Dengan diiringi musik maka gerakan senam aerobik dapat mengatur tempo kecepatan/beat permenit dari music yang mengiringinya.
Senam aerobik sangat bermanfaat khususnya untuk kebugaran jasmani seseorang. Makanya banyak orang yang suka terhadap senam aerobik ini.  Inilah beberapa manfaat dari senam aerobik:

1.Senam Aerobik dapat Menurunkan Kolesterol dan menambah myofilament otot.

"Senam aerobik dapat menurunkan persentase kolesterol badan serta menambah myofilamen otot, struktur pada tulang dan jaringan ikat". (Hodder & Stonghton,1997).
”Khusus pengaruhnya terhadap kolesterol badan, menyimpulkan bahwa senam aerobik yang dilakukan selama 12 minggu dapat menurunkan persentase kolesterol badan secara bermakna, dengan rata-rata penurunan persentase kolesterol badan sebesar 17,36%. (patrilasni et al,1997)
Abe et al.(1996) melaporkan bahwa ”latihan aerobik seperti lari, bersepeda dan senam dapat menurunkan persentase kolesterol badan total yang menyatakan besarnya berat kolesterol badan dibandingkan dengan berat badan secara keseluruhan”. (Mc Ardle et al., 1986)

2.Senam Aerobik dapat Meningkatkan massa otot dan massa tulang.

Menurut Soekarno et al. (1996) berpendapat bahwa pengaruh latihan aerobik dapat berupa pengaruh  seketika yang disebut respon, dan pengaruh jangka panjang akibat latihan yang teratur dan terprogran disebut adaptasi. Termasuk respon adalah bertambahnya frekuensi denyut jantung, peningkatan frekuensi penapasan, peningkatan suhu badan. Termasuk adaptasi antara lain dapat berupa perubahan komposisi badan dengan lemak total yang menurun, peningkatan massa otot dan bertambahnya massa tulang.
Latihan senam aerobik yang tepat akan membantu mengubah komposisi tubuh, menghindari tubuh menjadi gemuk dan membentuk otot-otot. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa manfaat senam aerobik tidak dapat mengurangi berat badan hanya pada satu bagian tubuh saja.

3.Senam aerobik dapat mengembangkan kelincahan, koordinasi dan percaya diri.

Menurut gymnastics Victoria, manfaat senam aerobik diantaranya adalah:
Mengembangkan kelincahan, koordinasi dan percaya diri,  membangun kekuatan dan fleksibilitas, mempersiapkan tubuh untuk menghadapi tantangan hidup, serba cepat dan intens, menarik, kreatif dan estetis menyenangkan untuk ditonton, mengembangkan daya tahan aerobik, menyenangkan dan menghibur lingkungan.

4.Senam Aerobik dapat Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru.

Ketika otot sedang digunakan untuk melakukan gerakan, maka otot perlu asupan oksigen untuk bekerja. Jika beban kerja yang tinggi, tubuh merespon dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke otot-otot dan jaringan di sekitar jantung. Akibatnya, denyut jantung dan laju pernapasan meningkat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Oksigen diubah menjadi karbon dioksida, yang kemudian dihembuskan. Selain itu, tubuh akan berkeringat untuk membakar kalori dan lemak.

5.Senam Aerobik dapat Meningkatkan Kekuatan Otot.

Otot-otot musti dilatih lebih dari beban normal (overload system). Supaya kekuatan otot meningkat, harus dilatih dengan intensitas tinggi dan dalam waktu singkat, menggunakan tenaga yang maksimal dan dilaksanakan dengan diulang-ulang, Senam aerobik akan memberikan beban latihan yang bervariasi agar intensitas latihan beragam, dari yang tinggi sampai dengan intensitas yang sangat rendah.

6.Senam Aerobik dapat Meningkatkan Kelentukan.

Kelentukan adalah pergerakan yang melibatkan otot-otot sendi. Peregangan otot-otot dengan senam aerobik dapat membantu meningkatkan kelentukan dan membantu peredaran darah ke jantung dan seluruh tubuh. Otot memiliki sifat elastis dan fleksibel dalam melakukan gerakannya. Jika secara rutin dilatih dengan senam aerobik maka akan membantu menguatkan otot persendian dan membuat otot semakin berkembang.

Demikian beberapa  manfaat  senam  aerobik, mudah-mudahan berkenan.
Baca Juga: Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Pakar
Terima kasih.

Manfaat Senam Aerobik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: senamaerobiksehat

0 comments:

Posting Komentar