Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Pakar

Senam  aerobik sudah mulai dikenal sekitar akhir tahun 1970-an. Tapi sekarang, senam aerobik merupakan salah satu kegiatan olahraga yang sangat digemari oleh semua kalangan umur. Kenyataannya bisa kita lihat setiap hari minggu pagi di lapangan-lapangan umum atau di halaman parkir suatu instansi ada yang melakukan senam aerobik secara masal. Di Sekolah-sekolah senam aerobik menjadi pilihan ketika ada kegiatan ekstrakurikuler dan menjadi kegiatan olahraga pada mata pelajaran penjasorkes khususnya materi senam irama.

Pengertian Senam Aerobik



Ada beberapa pengertian senam aerobik menurut para ahli dan beberapa sumber, diantaranya:

1. Menurut Wikipedia.

"Sport aerobics, or aerobic gymnastics, is a competitive sport originating from traditional aerobics in which complex, high-intensity movement patterns and elements of varying difficulty are performed to music. In addition to aerobics, it combines elements of sports acrobatics and rhythmic gymnastics, along with music, dance and choreography".
Maksud pengertian diatas bahwa olahraga aerobik atau senam aerobik adalah olahraga kompetitif yang berasal dari aerobik tradisional yang kompleks, pola gerakan dengan intensitas tinggi dan elemen gerak yang sulit dilakukan sesuai dengan iringan musik. Selain aerobik, menggabungkan unsur-unsur akrobat olahraga dan senam ritmik, bersama dengan musik, tari dan koreografi

2. Dr. Kenneth Cooper (1960)

Senam Aerobik yaitu konsep ritme musik dan gerakan yang teratur, sehingga membuat tubuh dapat mengembangkan/memompa oksigen dan meningkatkan denyut jantung.  Aerobik adalah kegiatan atau gerak badan yang menuntut lebih banyak oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistimnya.

3. Jackie Sorensens (Amerika Serikat)

Senam aerobik atau senam kesegaran jasmani adalah suatu program kesegaran jasmani yang lengkap, meliputi latihan dan kegembiraan dengan mengekspresikan segala perasaan dengan tertawa, melompat, menendang, jogging, meregang, bergoyang dengan mengombinasikan gerakan dansa atau gerakan tarian tradisional, tari rakyat, tari kontemporer.

4. Marta Dinata (2007)

Menurut beliau senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kuntinuitas dan durasi tertentu.
Senam aerobik adalah suatu susunan gabungan antara rangkaian GERAK dan MUSIK yang sengaja dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik tersebut untuk mencapai tujuan tertentu.

5.Federation Internationale Gymnastique (PIG)

"Aerobic  gymnastics is the ability to perform continuous complex and high intensity aerobic movement patterns to music, which originate from traditional aerobic exercises: the routine must demonstrate continuous movement, flexibility, strength and the utilisation of the seven basic steps, with perfectly executed difficulty elements".
Maksud pengertian diatas:
Senam aerobik adalah kemampuan untuk melakukan gerakan yang  kompleks secara kontinyu dengan intensitas tinggi mengikuti pola pergerakan aerobik musik, yang berasal dari latihan aerobik tradisional: menunjukkan gerakan terus-menerus, fleksibilitas, kekuatan dan pemanfaatan tujuh langkah dasar, dengan memecahkan unsur-unsur kesulitan gerak secara sempurna.

6.UEG (Union Europeenne De Gymnastique)

"Aerobic Gymnastics is the ability to perform continuous complex and high intensity movement patterns to music. Originated from the traditional aerobic classes, an aerobic gymnastics routine must continuously integrate the performance of physical qualities like coordination, flexibility and strength with the perfectly executed traditional aerobics movements. The formula of this sport is also the combination of perfectly executed difficulty elements with lifts and interactions (for the team categories)"
Maksud pengertian diatas:
Senam Aerobik adalah kemampuan untuk melakukan pola pergerakan dengan intensitas terus menerus kompleks dan tinggi diiringi musik. Berasal dari kelas tradisional aerobik, sebuah senam rutin aerobik terus menerus harus mengintegrasikan kinerja kualitas fisik seperti  koordinasi, fleksibilitas dan kekuatan dengan memecahkan unsur-unsur kesulitan gerak secara sempurna. Rumus olahraga ini juga merupakan kombinasi dari unsur-unsur kesulitan sempurna dieksekusi dengan lift dan interaksi (untuk kategori tim).

7.Gymnastics (Australia)

"Aerobic Gymnastics is the perfect sport for active people with energy to burn. It involves performing high intensity movement patterns to heart pounding music; you can perform by yourself or join your friends in pairs and groups.
Aerobic Gymnastics is an action packed, dynamic sport that is fast paced and is great for developing heath and fitness".
Maksud pengertian diatas bahwa  Senam aerobik  adalah olahraga yang sempurna untuk orang yang aktif dengan  energi untuk membakar. Ini  dilakukan dengan pola pergerakan intensitas tinggi dan membuat  jantung berdebar; Anda dapat melakukan sendiri atau bergabung dengan teman-teman Anda dengan pasangan dan kelompok.
Senam Aerobik adalah tindakan yang dirangkai, olahraga dinamis yang serba cepat dan sangat bagus untuk mengembangkan kesehatan dan kebugaran.

8.New South Wales Gymnastics Association Inc.

"Aerobic Gymnastics combines gymnastics skills with dance in a fast-paced, fun and energetic gym sport.
Performing to music, the gymnasts performs high intensive, continuous movements, utilising strength, flexibility and agility.
Aerobic Gymnastics can be performed as a solo gymnast or with friends, both providing for a highly entertaining and crowd-engaging sport!".
Maksud pengertian diatas:
Senam Aerobik menggabungkan keterampilan senam dengan tarian dalam serba cepat, menyenangkan dan energik olahraga kebugaran.
Pertunjukan musik, para pesenam melakukan tinggi intensif, gerakan terus menerus, memanfaatkan kekuatan, fleksibilitas dan kelincahan.
Senam Aerobik dapat dilakukan sebagai pesenam solo atau dengan teman-teman, baik menyediakan untuk olahraga yang sangat menghibur dan kerumunan menarik!
Baca Juga: Jenis Senam Aerobik
Demikian beberapa pengertian senam aerobik, mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih.

Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Pakar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: senamaerobiksehat

1 comments: