SENAM KELENTURAN TUBUH

Senam Kelenturan merupakan senam yang berhubungan dengan kemampuan ruang gerak persendian dan elastisitas otot yang lebih luas. Sedangkan kelentukan adalah kemampuan menggerakkan persendian dan otot pada seluruh ruang geraknya. Manfaat yang dirasakan apabila kita melakukan senam kelenturan dan kelentukan adalah menghindari cedera pada persendian dan otot saat melakukan latihan, serta menunjang efisiensi gerak tubuh, dan memperbaiki komposisi tubuh.
Gerakan latihan kelenturan yang berkaitan dengan pengembangan postur tubuh dapat berupa:
  1. Peregangan statis (static stretching), contohnya adalah membungkukkan badan, kedua telapak tangan menyentuh tanah. Organ tubuh yang dilatih yaitu togok, pinggul, dan tungkai belakang. Dengan sering melakukan latihan senam kelenturan ini akan mendapatkan otot yang lentur terutama bagian togok dan tungkai bagian belakang juga meluaskan sendi pinggul lebih meluas.
  2. Peregangan dinamis (dynamic stretching), contoh gerakannya adalah melentingkan badan ke belakang, memutar pinggang, atau memutar kedua lengan. Melentingkan badan ke belakang tujuannya yaitu melenturkan otot togok dan punggung serta memperluas sendi. Latihan memutar pinggang tujuannya untuk melenturkan togok, pinggul, bahu dan pinggang serta memperluas peersendiannya. Memutar pinggang melatih otot pinggang, pinggul dan punggung. Sedangkan memutar kedua lengan yang dilatih adalah otot bahu dan lengan pengembangan latihan ini berguna untuk melenturkan otot lengan serta memperluas sendi-sendi yang dilatih tadi.
Tentunya untuk memperolehnya harus melakukan ektra latihan yang kuat, Berlatihlah dengan pengawasan dan bimbingan pelatih profesional agar senam kelenturan tubuh yang dicita-citakan dapat tercapai dengan sempurna.
kalau Ingin Lebih banyak tentang seputar senam aerobik bisa dilihat di chanel youtube.

SENAM KELENTURAN TUBUH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: senamaerobiksehat

0 comments:

Posting Komentar